Skip to content

Untaian Qashidah untuk Syekh Ahmad Ath-Thayyib

Syekhul-Azhar Ahmad Ath-Thayyib merupa ayah bagi para pelajar asing di Al-Azhar, Mesir. Inilah sepilihan syair yang berupa qashidah untuk beliau.

FOTO: Syekh Ahmad Ath-Thayyib di salah satu forum perdamaian.
FOTO: Syekh Ahmad Ath-Thayyib di salah satu forum perdamaian.

Qashidah adalah kumpulan syair Arab yang terdiri dari tujuh bait hingga lebih. Qashidah yang terpendek berjumlah tujuh bait syair. Dalam dunia syair, dikenal juga istilah Al-Qashaid Ath-Thiwal, yakni qashidah-qashidah panjang. Seperti qashidah yang terhimpun dalam Mu'allaqat 'Asyarah, Diwan Al-Mutanabbi, Diwan Al-Buhturi, Diwan Asy-Syarif Ar-Radhi, Diwan Abi Tammam, dan lain-lainnya.

Qashidah juga sering dinisbatkan kepada qafiyah, yakni huruf terakhir dalam bait yang dijadikan asas dalam penganggitan qashidah. Bahkan qashidah seringkali diberi nama sesuai huruf akhir tersebut. Misalnya Qashidah Mimiyyah (berakhiran mim) karangan Imam Al-Bushiri yang kini terkenal dengan nama Burdah. Ada pula Qashidah Siniyyah (berakhiran sin) anggitan Al-Buhturi, Qashidah Lamiyyah (berakhiran lam) karya Syanfara, dan lain-lain.

Di Balik Nama Qashidah Burdah dan Bur’ah
Terdapat satu jenis gubahan syair Arab yang kerap disebut Qashidah. Yang terbilang masyhur dan punya asal-usul menarik adalah Burdah dan Bur’ah.

Di sini, penulis ingin membahas qashidah yang pernah penulis karang untuk Syekhul-Azhar Ahmad Ath-Thayyib. Qashidah ini termasuk Al-Qashaid Ath-Thiwal yang berjumlah 47 bait. Tentu tidak semua bait akan penulis jelaskan di artikel ini, akan tetapi berikut sepilihan bait syair dalam qashidah panjang tersebut.

Qashidah ini dari Bahar Thawil yang berwazan
فعولُنْ مَفَاعِيلُنْ فعولُنْ مَفَاعِلُنْ
فعولُنْ مَفَاعِيلُنْ فعولُنْ مَفَاعِلُنْ

Ayah bagi Para Pelajar Asing

Qashidah ini penulis beri judul أبا الوافدين (Ayah bagi Para Pelajar Asing). Dalam enam bait ini, penulis menjelaskan sifat Syekh Ahmad Ath-Thayyib yang agung:

عن الطيب المحبوبِ أنشدْ قصيدةً
تبين فيها فيضه المتجـــــــــــــددا

صبورٌ إذا يؤذى وقورٌ إذا يــــــــرى
رحيمٌ لأحبابٍ شديدٌ على العــــــدا

حريصٌ على الا يضَوَّرَ جائعٌ
كريمٌ على الراجي وما كان أزهــدَا

حكيمٌ إذا ما دبر الأمرَ مُحكِمٌ
إذا ما تولى أمر قوم تجردا

زعيم عليه بسطةٌ في حصافةٍ
سياسة أهل العدل أن تتجردا

عزيز بلا كبرٍ غنِيٌّ بلا ثرا
رفيقٌ بلا ضَعفٍ قوِيٌّ بلا اعتدا

1. Senandungkanlah sebuah qashidah tentang Syekh Ahmad Ath-Thayyib yang di dalamnya menjelaskan limpahan kebaikannya yang terus-menerus.

2. Beliau benar-benar sabar ketika disakiti. Beliau benar-benar berkharisma ketika dilihat. Beliau menyayangi para pecinta dan tegas kepada para musuh.

3. Beliau benar-benar bersungguh-sungguh agar orang-orang yang lapar tidak tersakiti. Beliau dermawan kepada yang meminta bantuan. Alangkah zuhudnya beliau.

4. Beliau adalah seorang bijak bestari dalam mengurus hal-hal yang penting. Bersikap adil tatkala mempimpin sebuah kaum.

5. Pemimpin yang memiliki keluasan dalam berfikir. Politik orang yang adil adalah bersikap netral.

6. Tinggi tanpa kecongkakan. Kaya tanpa harta. Lembut tanpa kelemahan, kuat tanpa kezaliman.

Dari Akidah hingga Nasab

Setelah menjelaskan sifat teladan orang nomor satu di Al-Azhar ini, penulis menjelaskan akidah, mazhab, dan nasab beliau yang bersambung ke Sayidina Muhammad SAW dari jalur Sayidina Al-Hasan, cucu baginda Nabi Muhammad SAW. Penulis juga menuliskan pujian-pujian tentang Syekhul-Azhar Ahmad Ath-Thayyib:

هو الأشعريُّ المالكيْ شيــخ الازهر
سلالة أهل بيت سيـــــــدنا الهـدى

وأنت أب للوافدين وغيرهم
يعاني على أبنانه متجلدا

ولم تخش في الرحمن  لومة لائم
ولم تفعل الخيرات يوما لتحمدا

أبا الوافدين فيك نورا رأيته
لعمرك فاق الشمس والبدر إن بدا

وفيك تجلت آية الله كلها
وقد كنت نورا في البرية مفردا

وإنك ألف الناس في صورة الفتى
وفي ذاك فضل الله ليس بأبعدا

ولو نطقت أبيات شعر وقطعةٌ
من النثر لاستحيت على أن تمجدا

7. Beliau adalah seorang Asy'ari, Maliki, dan Syekhul-Azhar. Keturunan Kanjeng Nabi Muhammad SAW.

8. Engkau adalah ayah dari pelajar-pelajar asing dan selainnya. Benar-benar sabar dan letih mengurus dan memperhatikan mereka.

9. Dalam menegakkan kalimat Tuhan, engkau tidak takut cacian para pencaci. Engkau tidak melakukan kebaikan karena ingin dipuji.

10. Wahai, ayah para pelajar asing, ada cahaya dalam dirimu yang aku lihat. Sungguh cahaya itu mengalahkan cahaya mentari dan rembulan ketika berpendar.

11. Dan dalam dirimu, tampak semua tanda kebesaran Allah SWT. Dan dalam hal itu, karunia-Nya tidak menutup kemungkinan.

12. Engkau adalah seribu manusia dalam sosok satu manusia. Engkau adalah cahaya yang tunggal dalam manusia.

13. Sekiranya beberapa bait syair dan potongan dari prosa bisa berbicara, masih dia akan malu untuk memuji beliau

Untuk Para Pembenci

Setelah menjelaskan nasab, kedudukan, dan pujian ke Syekh Ahmad Thayyib, penulis menyusun beberapa bait yang ditujukan kepada orang yang hasud dan membenci beliau.

وإن رغب العذال عنه فقل لهم
أضر ظلام نوره المتوقدا

ألا شر حسادين من ظن أنه
على حسدٍ بنى الفضائلَ مصعدا

وما زلت مذموما على عين حاسد
ضربت بأنواع الفضائل حسدا

رموكَ بسوء القول من حسد فهل
تساويك أحجار وكنت زبرجدا

14. Jika orang-orang rendahan benci kepada beliau, katakanlah apakah kegelapan memberi efek kepada cahaya beliau yang senantiasa berpendaran?!

15. Seburuk-buruknya orang yang hasud adalah orang yang menduga bahwa dengan hasud dia telah tinggi dan meraih keutamaan!

16. Engkau terlihat buruk di mata orang yang hasud, lalu engkau pukul mereka dengan aneka keistimewaan dan aneka pencapaian.

17. Mereka para pendengki mengucapkan perkataan buruk kepadamu karena dengki. Apakah batu-batuan tak berharga bisa menyamai kedudukanmu, sementara engkau adalah batu Zabarjad yang mempesona dengan kilauan warna hijaunya!

Sepercik Tata Krama Para Ulama Nahwu
Laku ulama yang penuh tata krama patut menjadi teladan bagi masyarakat muslim. Dalam memilih istilah, para ahli nahwu menjaga betul sikap santun.

Sifat Zuhud

Setelah itu, penulis menjelaskan kelemahan penyair dalam memuji beliau dan mengabarkan kezuhudan beliau akan dunia. Beliau sejak menjabat Syekhul-Azhar, tidak mengambil sepeser pun gaji dari Al-Azhar dan menyumbangkannya ke kas Al-Azhar, belum lagi perjuangan beliau dalam menebarkan kedamaian di kalangan manusia.

وكيف فحول الشعر أثنوا على الذي
إذا الناس ليل مظلم كان فرقدا

وبالغ على مدح الإمام فلن يفي
وإن كان مدح المرء قد جاوز المدا

ومذ صار رأس القوم ما كان آخذا
رواتب شهر في معيشته غدا

وواللّٰهِ أهداها للأزهر كلها
لنعم الإمام أنت في الدهر والفدا

تحب عباد الله في أن توحدوا
توحد قوما وصلهم قد تبددا

وسماك دهرُ الطيبَ اسما جلالةً
مسماه كُلُّ طيب منكَ والجدا

لقد جعلتْ ذكراك وردا قصائدي
وما خلقت ذكراك إلا لتخلدا

18. Bagaimana bisa pendekar-pendekar syair memuji seseorang yang jika manusia adalah malam yang gelap gulita, dia adalah rembulan.

19. Pujilah dengan mubalaghah (hiperbolis) dalam memuji Imam Ath-Thayyib, maka pujian itu tidak akan mampu mencapai kesempurnaan, meskipun pujian itu melampaui batas.

20. Sejak beliau menjadi Syekhul-Azhar, beliau tidak pernah mengambil gajinya.

21. Gaji itu semuanya diberikan kepada Al-Azhar. Engkau adalah sebaik-baik imam dan tebusan.

22. Engkau mendambakan semua orang bersatu. Engkau menyatukan hubungan mereka yang tercerai berai.

23. Engkau dinamakan Ath-Thayyib karena keagungan. Hakikat nama itu adalah kebaikan dan kedermawanan yang bersumber dari engkau.

24. Qashidah-qashidahku telah menjadikanmu, O Ahmad Ath-Thayyib, sebagai wirid yang senantiasa dibaca. Tidaklah engkau diciptakan kecuali namamu kekal disebut dalam sejarah.

Pungkasan

Di akhir tulisan ini, penulis ingin menambahkan satu bait syair dari Bahar Ramal yang sangat penulis suka untuk Syekhul-Azhar Ahmad Ath-Thayyib:

إن في الطيِّبِ نـــورًا لو بدا
غلبَ الشمسَ لعمري والقمرْ

"Sesungguhnya pada Syekh Ahmad Ath-Thayyib (Syekhul-Azhar) terdapat cahaya yang apabila cahaya tersebut bersinar, akan mengalahkan matahari dan rembulan."

Gurunda kami, Syekh Konate Sidi Fauzi memuji syair ini dan mengomentarinya, "Satu bait syair yang setara seribu bait syair!!"

Ketika bertemu beliau, penulis mendiskusikan syair tersebut. Lalu beliau berkata, "Shiyaghah (gaya bahasa) syair kamu bagus sekali. Mumtaz! Biasanya para penyair hanya menggunakan Matahari (Syams) atau Rembulan (Qamar). Kamu menggabungkan makna Jalal (keagungan dalam matahari) dan Jamal (keindahan dalam rembulan) dalam satu bait!"

Syekhul-Azhar Ahmad Ath-Thayyib adalah sosok yang pantas untuk dipuji karena pencapaian-pencapaian beliau yang luar biasa dalam mengembangkan Al-Azhar. Semoga Syekh Ahmad Ath-Thayyib disehatkan oleh Allah SWT dan dipanjangkan umurnya dalam menahkodai Al-Azhar!

*Foto: Syekh Ahmad Ath-Thayyib di salah satu forum perdamaian di Eropa dengan tema Para Pemuda Pencipta Perdamaian


Baca juga postingan lain di rubrik SASTRA atau tulisan menarik Syihab Syaibani

Latest